Rancangan Peraturan Nama Domain (.ID)

Discussion in 'ccTLDs' started by mendoan, Apr 4, 2013.

  1. mendoan

    mendoan Moderator Staff Member

    Joined:
    Oct 11, 2008
    Messages:
    2,425
    Likes Received:
    11
    Location:
    penginapan
    Halo rekans

    Sedang hangatnya tentang domain ID, yg panjang lebar sudah dibahasa dalam forum ini.

    Berikut adalah RPM (Rancangan Peraturan Menteri) yang akan diketok palu, sampai tanggal 8 nanti sedang dilakukan uji publik. Jadi bagi yang keberatan, punya masukan dan kritik tentang aturan ini, silahkan kontak ke :

    gatot_b(a)postel.go.id
    antonius.malau(a)kominfo.go.id


    Terutama pasal ini :

    Pasal 39
    (1) Penyelenggara negara, Badan Usaha, dan organisasi yang berdomisili di wilayah Indonesia harus menggunakan Nama Domain Indonesia.
    (2) Masyarakat dan perseorangan dengan identitas Indonesia berhak mendaftarkan, menggunakan, dan memanfaatkan Nama Domain Indonesia.
    (3) Perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia harus menggunakan Nama Domain Indonesia.
    (4) Pengguna Nama Domain dapat mengelola subdomain sesuai kebutuhannya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    lengkapnya bisa diambil disini :
    http://kominfo.go.id/download/detail/3927/RPM+Pengelolaan+Nama+Domain
     
    Last edited: Apr 4, 2013
  2. teguhaditya

    teguhaditya Fun Domainer

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    297
    Likes Received:
    5
    Occupation:
    Pengangguran
    Location:
    DEPAN PC
    terkesan memaksa.. untuk poin berikut ini:

    (1) Penyelenggara negara, Badan Usaha, dan organisasi yang berdomisili di wilayah Indonesia harus menggunakan Nama Domain Indonesia.
    (3) Perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia harus menggunakan Nama Domain Indonesia.
     
  3. Agraris

    Agraris Domainer

    Joined:
    May 27, 2010
    Messages:
    54
    Likes Received:
    3
    Bila benar-benar harus menggunakan Nama Domain Indonesia, seharusnya ganti dulu :

    CO.ID (commercial) jadi KO.ID (komersial)
    GO.ID (government) jadi PE.ID (pemerintah)

    Apakah kata CO dan GO sudah menunjukkan Indonesia ? :geblek: :confused:
     
    Last edited: Apr 4, 2013
  4. domain100

    domain100 Fun Domainer

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    425
    Likes Received:
    6
    Langkah mundur bagi lingkungan startup. Menutup peluang munculnya jagoan ecommerce dunia asal Indonesia yang berasal dari pemain kecil.

    PANDI ini pemikirannya bagaimana ya, karena tidak kreatif dan tidak sukses utk bisa menarik orang sukarela daftar .id . Akhirnya memotong jalur, pakai pemaksaan lewat tangan pemerintah.

    Untuk jualan online, kalau memang diperlukan cukuplah dengan legalitas badan usaha resmi dari pemerintah (mis PT,CV). Itupun harus siap repot diawal utk pengurusan surat2 perizinan.

    Sudah bukan zamannya bisnis diatur2 sampai ada rezim pemaksaan nama domain .id . Sebenarnya .id ini dikelola oleh organisasi. Walau namanya organisasi nirlaba, tetapi sudah memenuhi unsur MONOPOLI. Bisnis nama domain dikuasai, dia dapat keuntungan besar dari situ. Kalau benar jadi diberlakukan, mungkin ada celah hukum utk dilaporkan ke KPPU (Komite Pengawas Persaingan Usaha).

    Untuk kirim keberatan, lewat jalur asosiasi atau komunitas lebih kuat. Misalnya PasarDomain juga bisa bikin pernyataan bersama dari membernya yang diwakili oleh perwakilan (mod/admin), menyatakan keberatan dengan peraturan tersebut disertakan alasan2nya. Kalau ada kasih juga saran alternatif & solusinya.

    Mungkin bisa dipertimbangkan.
     
  5. pier

    pier Fun Domainer

    Joined:
    Jun 5, 2012
    Messages:
    247
    Likes Received:
    4
    yak semoga mereka PeDe dgn keputusannya. Peraturan2 yg lain kebanyakan uji cobanya, setelah ngga cocok mudah saja dirubah
     
  6. pasarbaru

    pasarbaru Fun Domainer

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    238
    Likes Received:
    0
    Saya kira pasal itu bagus. Apalagi disana tidak menutup kemungkinan perusahan Indonesia juga memiliki nama domain .com (atau dgn ekstension lain) utk situs-situs webnya.

    Jadi, misalnya jika ada sebuah perusahaan (misalnya PT. Untung Terus) dan menjalankan bisnis jualbeli properti, maka perusahaan memiliki:
    1. Domain untungterus.co.id untuk website perusahaannya, dan sekaligus sebagai bentuk legitimasi perusahaan tsb (karena memiliki NPWP/SIUP)
    2. Domain jualbeliproperti.com untuk website komersialnya. Dimana diwebsite tersebut ada link ke untungterus.co.id yang menerangkan ttg perusahaan PT Untung Terus.

    Sehingga, IMO, melalui legitimasi via nama domain, kasus-kasus penyalahgunaan di internet menjadi lebih kecil (walaupun akan tetap ada karena penyalahgunaan bisa melalui berbagai pintu).
     
    Last edited: Apr 4, 2013
  7. utomo

    utomo Popular Domainer

    Joined:
    Dec 3, 2011
    Messages:
    3,025
    Likes Received:
    23
    Kalau seperti ini saya setuju
    kalau dipaksa semua bisnis harus pakai co.id wah nggak setuju sekali.
    Perusahaannya pakai co.id OK agar menghindari/ mengurangi tipu tipu
     
  8. publicHTML

    publicHTML Baby Domainer

    Joined:
    Mar 30, 2012
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    untuk menghindari tipu menipu itu cuma isu yang hangat saat ini dan di buat2
    inti nya adalah domain .id gak laku
     
  9. godeny

    godeny Real Domainer

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    572
    Likes Received:
    3
    Occupation:
    mahasiswa
    Location:
    Surabaya

    hahahha sumpah ngakak baca ini, tapi benar sekali sih.
    apalagi beberapa hari kemarin diluncurkan nama domain .ID berbahasa indonesia DESA.ID dari pandi.

    kalau merujuk ke rancangan di atas .CO.ID / SCH.ID sudah tidak relevan lagi. Dan berbenturan dengan salah satu pasal di atas
    Penyelenggara negara, Badan Usaha, dan organisasi yang berdomisili di wilayah Indonesia harus menggunakan Nama Domain Indonesia.
     
  10. mariogomez@gmail.com

    mariogomez@gmail.com Popular Domainer

    Joined:
    Nov 18, 2010
    Messages:
    2,519
    Likes Received:
    2
    Gender:
    Male
    Occupation:
    domainer
    Location:
    IVANIKA.COM
    Kalo .edu dan .gov boleh global aja enak tuh krn ekstensinya lumayan bagus

    Minta menkominfo lobi ke Amrik biar bisa pakai .edu dan .gov sama2.

    .co.id ekstensinya lumayan bagus
    .net.id ekstensinya jelek
    .or.id ekstensinya jelek
    .ac.id ekstensinya jelek
    .go.id ekstensinya jelek
    .mil.id ekstensinya jelek
    .sch.id ekstensinya jelek
    .web.id ekstensinya jelek
    .biz.id ekstensinya jelek
    .my.id ekstensinya lumayan bagus
    .desa.id ekstensinya jelek

    Yang dipertahankan .co.id dan .my.id aja yang lain dihilangkan saja dan disuruh milih mau yang .co.id atau .my.id.

    Kalo mau buat ekstensi baru ya .id aja ga perlu pakai embel2 didepannya jadi cuma ada 3 ekstensi : .id, .co.id, .my.id

    Itu aja saran ane om.
     
    Last edited: Apr 4, 2013
  11. michael

    michael Real Domainer

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    748
    Likes Received:
    2
    Wah kalo .net.id dihapus saya yang ga setuju. Justru yang dianggap keren itu yang go.id dan .net.id karena susah daftarnya.

    Sama kayak .gov dan .edu dianggap keren karena daftarnya cukup susah, dan itu dihargai oleh search engine. Bukan laris lho ya!

    Untuk peraturan serupa sempet jalan di postel kok yang menyebutkan ISP harus punya .net.id, kayaknya baru ga jalan waktu dipegang PANDI.
     
  12. Njoy

    Njoy Active Domainer

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    103
    Likes Received:
    6
    Location:
    Jogja
    wah pemaksaan ini, kalo alasannya mw mengurangi penipuan di dunia maya dgn menyuruh orang beralih dari .com ke .co.id tidak tepat.

    Walau udah pake domain .co.id (ada verifikasi CV, NPWP, dsb) kalo memang yg punya situs niat menipu sih tetap aja terjadi.
    ingat kata bang napi, kejahatan itu terjadi karena ada niat & kesempatan dari si pelaku, bukan karena di gak pakai .co.id :no:
     
    Last edited: Apr 5, 2013
  13. mariogomez@gmail.com

    mariogomez@gmail.com Popular Domainer

    Joined:
    Nov 18, 2010
    Messages:
    2,519
    Likes Received:
    2
    Gender:
    Male
    Occupation:
    domainer
    Location:
    IVANIKA.COM
    Sebenarnya .go.id lumayan bagus dan lebih ada baiknya dilempar ke publik siapa aja bisa reg, .go.id cocok buat situs travelling.

    Kalo mau adakan ya mending 2 huruf .id sebab masih lumayan bagus.
    Yang sudah ada yaitu .co.id, .my.id, .go.id

    Misal :

    .in.id
    .me.id
    .at.id
    .on.id
    .us.id
    .we.id
    .it.id
    .to.id


    Kalo mau yang 3 huruf
    misal .
    .id.com
    .com.id
    .dot.id


    Ini cuma saran dari ane aja om
     
  14. radian

    radian Real Domainer

    Joined:
    Mar 15, 2010
    Messages:
    662
    Likes Received:
    3
    Gender:
    Male
    Occupation:
    Dreamer
    Location:
    Indonesia
    Aku setuju dgn alasannya >> untuk mengurangi penipuan, tapi caranya itu yg gak setuju yg seolah maksa harus pake domain Indonesia titik. Sehingga dibuatkan undang2 gitu, perasaan otoriter bgt ya.... :geblek:

    Gimana kalo tit.id bro??
    Mantabz kayaknya tuh... :luv:
     
  15. utomo

    utomo Popular Domainer

    Joined:
    Dec 3, 2011
    Messages:
    3,025
    Likes Received:
    23
    info buat teman teman

    Rekan-rekan anggota Milis dot-id,

    Perkenankan kami sampaikan bahwa Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) akan menggelar PANDI|5 pada 7-10 September 2015 mendatang.

    “PANDI Meeting” merupakan pengembangan dari Diskusi Umum Terbuka (DUT) yang diselenggarakan oleh PANDI sejak 2012. DUT PANDI merupakan forum publik untuk membahas usulan-usulan kebijakan pengelolaan nama domain .id. Sebelum dibahas pada DUT, usulan dibahas terlebih dulu secara online di milis dot-id. DUT merupakan forum terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia.

    Hasil DUT akan menjadi rekomendasi yang diajukan kepada Forum Nama Domain Indonesia, pemangku tertinggi kebijakan nama domain di Indonesia. Setelah disetujui oleh Forum Nama Domain Indonesia, usulan kebijakan akan menjadi kebijakan nama domain yang disahkan oleh PANDI.

    DUT akan digelar di hari terakhir rangkaian acara PANDI|5 pada 10 September 2015. Dalam DUT ini akan dibahas tiga usulan kebijakan:
    1. Usulan Kebijakan Jaminan Registran, diajukan oleh PANDI
    2. Usulan perubahan biaya tahunan domain my.id dan biz.id, diajukan oleh CBN Registrar.
    3. Usulan penghapusan aturan penamaan domain .id, diajukan oleh Rumah Web.

    Selain DUT, rekan-rekan juga dapat mengikuti kegiatan Asia Internet Symposium bertajuk "Cyber Security - Threats and Trends in Indonesia" pada 7 September 2015 dan workshop "Pendaftaran Domain desa.id" pada 10 September 2015.

    Untuk informasi lengkap dan pendaftaran, silakan kunjungi http://5.pandi.id Atas perhatian rekan-rekan anggota milis, kami ucapkan terima kasih.

    Salam hormat,


    Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI)

    _______________________________________________
    Dot-ID mailing list
    Dot-ID@milis.pandi.or.id
    http://milis.pandi.or.id/mailman/listinfo/dot-id
     
  16. Sany

    Sany Baby Domainer

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    0
    ih mas boyz ngomongnya jorok
    :D
     
  17. utomo

    utomo Popular Domainer

    Joined:
    Dec 3, 2011
    Messages:
    3,025
    Likes Received:
    23
    Kebijakan PANDI Versi Terbaru yang telah disyahkan melalui Hasil Rapat Forum Nama Domain bisa didownload di link berikut :


    1. Kebijakan Umum Nama Domain Ver 4.0

    http://www.pandi.id/sites/default/files/1. Kebijakan Umum Nadom versi 4.0 (final) (1).pdf


    2. Kebijakan Pendaftaran Nama Domain Ver 5.0

    http://www.pandi.id/sites/default/files/Kebijakan Pendaftaran Nadom versi 5.0_0.pdf


    3. Kebijakan Jaminan Registran Ver 1.0

    http://www.pandi.id/sites/default/files/Kebijakan Jaminan Registran versi 1.0.pdf


    Atas perhatiannya kami ucapkan Terima kasih.



    Salam.
     
  18. global93

    global93 New Domainer

    Joined:
    Dec 10, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Gender:
    Male
    artikel bagus
     
  19. mariogomez@gmail.com

    mariogomez@gmail.com Popular Domainer

    Joined:
    Nov 18, 2010
    Messages:
    2,519
    Likes Received:
    2
    Gender:
    Male
    Occupation:
    domainer
    Location:
    IVANIKA.COM

Share This Page