BMW dot id

Discussion in 'Masalah Hukum dan Kode Etik' started by utomo, Jan 12, 2015.

  1. utomo

    utomo Popular Domainer

    Joined:
    Dec 3, 2011
    Messages:
    3,025
    Likes Received:
    24
  2. xrvel

    xrvel Moderator Staff Member Admin

    Joined:
    Oct 8, 2008
    Messages:
    3,119
    Likes Received:
    37
    Occupation:
    Person
    Location:
    Pasardomain di hatiku
    saya coba buka bmw dot id isinya kosong.
    mungkin kalau isinya web pribadi (seperti sony-ak dulu), ok2 aja. :ide:
     
  3. Pertanyaan

    Pertanyaan Real Domainer

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    536
    Likes Received:
    11
    Occupation:
    Dreamer
    Location:
    ?
    Ini domain jelas-jelas trademark dan domain 3 karakter, kenapa bisa lolos ?

    Kena tuntutan 2 miliar yah, ini pemiliknya konsultan HAKI.
    Ya silahkan kalau mau ngeyel, BMW ini akronim, jadi dari sisi manapun ini murni squatting.
     
  4. pasarbaru

    pasarbaru Fun Domainer

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    238
    Likes Received:
    0
    Kalo saya baca beritanya,

    • BMW.ID itu diambil dari singkatan nama lengkap Benny Muliawan (saya nggak tahu nama lengkapnya)
    • Pendaftaran BMW.ID sudah sesuai dengan aturan PANDI. Domain ini didaftarkan pada masa sunrise

    Di sisi lain, BMW menurut berita di detik tsb *tidak pernah* mendaftarkan merek BMW di Kementerian Kehakiman Indonesia.

    Jadi, dari alasan2 diatas domain BMW.ID bukan cybersquatting di Indonesia.
     
  5. utomo

    utomo Popular Domainer

    Joined:
    Dec 3, 2011
    Messages:
    3,025
    Likes Received:
    24
  6. CasualNames.com

    CasualNames.com Fun Domainer

    Joined:
    Jul 5, 2012
    Messages:
    256
    Likes Received:
    0
    Location:
    BrandPouch.com
    Coba cek di sini, ada cukup banyak merk 'BMW' yang terdaftar.
     
  7. utomo

    utomo Popular Domainer

    Joined:
    Dec 3, 2011
    Messages:
    3,025
    Likes Received:
    24
    hampir semua milik : Bayerische Motoren Werke Aktiengesellschaft
     
  8. pasarbaru

    pasarbaru Fun Domainer

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    238
    Likes Received:
    0
    Saya sudah cek, ternyata memang sudah terdaftar. Jadi, info yang ada di detik, tidak benar.

    Jika saya cek aturan penamaan dari PANDI, ternyata memang ada aturan ttg merek (Aturan 8.4.6).

    Pertanyaannya, kenapa merek sebesar BMW itu bisa lolos dari pengecekan tim registrasi PANDI? Apakah PANDI tidak mengecek ke kementrian terkait?

    Domain bmw.id itu didaftarkan pada masa sunrise, dan menurut aturan masa sunrise, maka masa ini hanya dapat diikuti oleh perusahaan pemegang merek yang terdaftar pada Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.
     
    Last edited: Jan 12, 2015
  9. pasarbaru

    pasarbaru Fun Domainer

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    238
    Likes Received:
    0
    Sedikit research tambahan

    Guys,

    Karena penasaran, saya cek lagi histori masa sunrise apapun.id, seperti terlihat di

    http://prntscr.com/5rk23f (ini saya ambil dari web archive),

    ternyata perusahaan yang mendaftarkan bmw.id itu adalah PT BNL PATENT.
    Searching di google, ternyata ...

    Info http://www.bnl.co.id/aboutus.php

    Dari riset kecil tsb, sepertinya something that smells fishy has came up...
     
  10. mariogomez@gmail.com

    mariogomez@gmail.com Popular Domainer

    Joined:
    Nov 18, 2010
    Messages:
    2,519
    Likes Received:
    2
    Gender:
    Male
    Occupation:
    domainer
    Location:
    IVANIKA.COM
    Iya pendaftaran merek di Indonesia masih carut marut ga karuan.

    Merek aja bisa sama dengan dalih berbeda lini/ bidang bisnisnya padahal seharusnya ga boleh.

    Berarti yg salah pertama kali dirjen hakinya kenapa merek yang sama bisa didaftarkan dengan beda bidang/ lini bisnisnya.

    Kedua yg salah pandi dan reseller .id kenapa domain yg mengandung merek bisa didaftarkan.

    Seharusnya pandi dan semua reseller .id meniru / mengcopy paste namecheap.com.

    Semua domain yg mengandung TM tidak bisa didaftarkan di namecheap.com kecuali orang tsb memberi jaminan kepada namecheap.com bahwa domain yg mau diregister tidak menyalahi TM yg sudah ada.

    Pemilik domain BMW.id juga salah kenapa mendaftarkan nama domain yg sudah ada TM, sangat terkenal lagi... semua orang juga udah tau BMW perusahaan multinasional produsen mobil, sepeda motor dan sepeda asal Jerman

    Dan yang pengacara BMW Indonesia juga salah tuh kenapa pada waktu sunrise ga daftarkan domain BMW.id dan seharusnya tau donk bahwa domain itu sah diperjual belikan... ga ada tuh namanya minta domain gratis...

    Menurut ane sih harga jual domain BMW.id yg wajar rp25.000.000 - rp50.000.000 (ini untuk mengganti biaya dan waktu yg sudah dikeluarkan oleh pemilik domain BMW.id untuk meregister domain tsb)

    Ingat nih biaya registrasi, biaya administrasi dan pajak 10% pada masa sunrise untuk domain 3 karakter sangat mahal +/- rp25.000.000/domain

    Dan satu lagi yg harus diingat bahwa domain2 yang mengandung TM juga banyak yang telah terjual ke pemilik TM dg harga mahal.

    Nih buktinya di namebio.com
    Domain PrudentialMalaysia.com terjual $1,895 di Afternic.com th 2012
    Domain CiticPrudential.com terjual $1,000 di Sedo.com th 2011
    Domain MercedesMelbourne.com.au terjual $1,650 di Netfleet.com.au th 2010
    Domain MercedesBenzSales.com terjual $700 di Afternic.com th 2004
    dll

    Intinya adalah pemilik domain BMW.id harus mengedukasi ke pengacara BMW bahwa premium domain adalah sah dan legal diperjual belikan karena prinsip domain adalah siapa yg meregister domain duluan adalah yang berhak memiliki domain tsb.
     
    Last edited: Jan 13, 2015
  11. godeny

    godeny Real Domainer

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    572
    Likes Received:
    3
    Occupation:
    mahasiswa
    Location:
    Surabaya
    bukan smells fishy sih kalau menurutku..
    tapi ini Benny Muliawan sangat pintar... :jempol1:

    dan ini sangat kompek juga kalau baca kasusnya, dan kalau semakin di baca semakin aneh hahha

    di artikel http://www.cnnindonesia.com/teknolo...4374/jadi-sengketa-berapa-harga-domain-bmwid/

    Benny sendiri mengaku adalah salah satu panelis Pandi untuk wilayah Surabaya.

    semacam stunt/marketing Pandi??
    untuk mendongkrak popularitas registry mereka?
    salah satu efek yg saya ramalkan terjadi setelah kejadian ini, pasti banyak merek dagang yg memikirkan utk mendaftar domain (.id)

    nilai positif untuk investor domain .id yg sudah bergerak mengamankan nama2 cantik sebelumnya
     
  12. pasarbaru

    pasarbaru Fun Domainer

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    238
    Likes Received:
    0
    Dari definisi Panelis (yang ada di http://www.pandi.id/sites/default/files/5. Kebijakan PPND Versi 2.0_0.pdf, halaman 2 butir 3.4):
    Berarti BM itu memang ahli. Jadi, dengan memanfaatkan aturan lampiran surat permohonan merek (walaupun belum tentu disetujui), dan kebetulan BMW tidak ikut lelang domain .id, dia bisa mendapatkan domain bmw.id.

    IMO, seharusnya BMW tidak menuntut Benny Muliawan itu, karena salah mereka tidak ikut lelang domain dulu. Kalau BMW bisa nuntut, tentu saja, CV. Kayu Mulia yang juga telah mendaftarkan merek BMW untuk Kepingan kayu gaharu, bisa nuntut juga. :)

    Pengalaman saya dulu: saya juga pernah mendaftarkan nama domain .co.id ke pandi, yang menggunakan nama-merek.co.id. Memang cukup surat permohonan saja sebagai lampiran (karena nama perusahaan beda dgn nama merek produknya). Alasannya adalah: pengurusan merek yang lama, kalo nggak salah butuh 4 bulan (Nggak tahu sekarang..).
     
  13. pasarbaru

    pasarbaru Fun Domainer

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    238
    Likes Received:
    0
    Barusan search di http://merek-indonesia.dgip.go.id/, ternyata ada merek ANDRO yg telah terdaftar (sejak 2012). Kalau BMW bisa menang di pengadilan (mendapatkan bmw.id), maka pemegang merek ANDRO bisa juga menang mendapatkan ANDRO.ID.

    Belum lagi merek-merek yang lain...
     
  14. okedokie

    okedokie Baby Domainer

    Joined:
    Nov 23, 2014
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    menarik nih beritanya untuk di ikuti, untung yg dituntutnya emang ahli di bidangnya, coba klo gk ahli mungkin klabakan kali
     
  15. kaisar

    kaisar Popular Domainer

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    1,098
    Likes Received:
    9
    Occupation:
    MDXV
    Location:
    mdxv.com
    Saya pernah membaca tapi lupa dimana yang mengatakan bahwa domain acronym itu tidak bisa di trademark namun pada kenyataan banyak acronym dijadikan trademark seperti CNN, ABC dll walaupun sebenarnya nama bisnis mereka bukan acronym itu sendiri melainkan kepanjangan dari acronym nya.

    kalau mengacu kepada nama BMW semua orang pasti mengacu kepada merek mobil BMW jadi ini memang masalah yang dapat di bawa ke ranah hukum oleh si pemilik nama BMW mobil dan saya cek untuk beberapa cctld memang nama BMW semua dimiliki oleh pabrik mmobil BMW.

    Kalau ke PANDI, memang walau kita sedang mengajukan trademark, kita bisa daftar domain TM tersebut dengan hanya surat pendaftaraan TM nya, namun inilah akibatnya. Tapi tidak bisa disalahkan 100% PANDI nya, di luar pun kalau kita sedang mendaftar TM walau belum registered, kita sudah bisa menggunakan tanda ™ setelah nama kita, dan baru bisa menggunakan ® setelah TM kita terdaftar

    Dan BMW memang terkenal sangat galak terhadap pelanggaran nama TM mereka.

    IMHO
     
    Last edited: Feb 4, 2015
  16. mariogomez@gmail.com

    mariogomez@gmail.com Popular Domainer

    Joined:
    Nov 18, 2010
    Messages:
    2,519
    Likes Received:
    2
    Gender:
    Male
    Occupation:
    domainer
    Location:
    IVANIKA.COM
    Menurut ane sih lebih baik pemilik domain bmw.id menjual domainnya ke BMW seharga rp25.000.000 sesuai dg harga registrasi domain .id 3 karakter pada waktu sunrise.

    Atau bisa juga pandi menyurati BMW untuk segera membayar rp25.000.000 ke pandi sesuai dg biaya registrasi domain id 3 karakter pada masa sunrise lalu pandi minta pemilik domain untuk mengembalikan domain BMW.id ke pandi dan pandi bayar rp25.000.000 ke pemilik domain.

    Simpel kan solusinya.
     
  17. utomo

    utomo Popular Domainer

    Joined:
    Dec 3, 2011
    Messages:
    3,025
    Likes Received:
    24
    Mana mau Pandi bayar kembali? Nggak pernah ada dalam sejarah
     
  18. sutopo

    sutopo New Domainer

    Joined:
    Sep 5, 2013
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Occupation:
    SEO
    Location:
    Jogjakarta
    Oohhh gitu to ceritanya ..
    btw domain .id sampe 500 ribuan ya gan , edan bener , kapan nih saya beli domain .id ...
    :( blm sanggup hahah
     
  19. fangs

    fangs Active Domainer

    Joined:
    Jul 24, 2014
    Messages:
    121
    Likes Received:
    0
    kok masih kosong ya.. padahal udah lama register... seharusnya udah da websitenya :)
     
  20. werkudara

    werkudara Baby Domainer

    Joined:
    Nov 27, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Endingnya gimana ini yah?
     

Share This Page